Peran Ayah dalam Mendukung ASI Eksklusif

Hallo bunda, untuk bulan  ini kami ready stok. Bila Ayah dan Bunda ingin sewa/rental freezer untuk ASIP bisa segera menghubungi kami. Kami melayani area Yogyakarta (Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul), Klaten, Dlanggu, Magelang, Purworejo, Temanggung, Solo dan sekitarnya. Silahkan dapat Menghubungi No Hp : 087738263485 ( Whattaps/SMS/Tlp) atau 5AF5CB41 untuk fast respons. Ayah dan Bunda tidak perlu repot, kami siap mengantar freezer pesanan Ayah Bunda ke rumah

Related image

Menyusui merupakan kegiatan yang melibatkan ayah dan ibu. Keterlibatan ayah di sini adalah, menciptakan suasana agar ibu merasa nyaman, bahagia, aman sehingga mempengaruhi produksi hormon prolaktin dan oksitosin yang membuat produksi ASI semakin lancar dan banyak.

ASI diproduksi oleh hormon prolaktin tetapi dikeluarkan atau dialirkan oleh hormon oksitosin alias hormon kasih sayang. Sesuai namanya, Air Susu Ibu, pemberian ASI dilakukan oleh ibu baik secara langsung maupun ASI perah (ASIP). Namun bukan berarti tugas ini sepenuhnya diserahkan ke ibu karena kunci lancarnya ASI adalah ibu yang bahagia. Di sinilah peran penting ayah untuk mendukung suksesnya pemberian ASI.

Selain itu, ibu rawan mengalami baby blues syndrome paska melahirkan. Ibu mudah cemas dan merasa tidak sempurna dalam merawat anak. Ibu mengalami kekhawatiran yang berlebihan melihat bayi yang harus ia urus selama 24 jam. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, ibu bisa menderita postpartum depression yang membahayakan dirinya maupun bayi. Jika ayah memahami gejala ini dan bisa berbagi tanggung jawab untuk meringankan beban ibu, sindrom ini akan hilang dengan sendirinya.

Dengan ayah paham ASI dan hal-hal yang mempengaruhi kelancarannya, ayah bisa menangkis omongan negatif tersebut. Apalagi kalau yang berkomentar adalah ibu mertua. Ayah sebagai anaknya tentu lebih mudah menjelaskan.

Bayi yang baru lahir bisa menyusui tiap 2 jam sekali. Ibu pun harus fokus menyusui sehingga waktu mengurus kebersihan rumah menjadi berkurang. Ayah bisa membantu menyapu, mengepel, atau mencuci baju. Ibu akan senang bisa membagi tugas dengan ayah. Kalau tidak sempat, ayah bisa mempekerjakan asisten rumah tangga untuk membantu meringankan tugas ibu.

Terkadang ibu perlu menyediakan ASI perah yang disimpan di kulkas. Saat ibu pergi atau berhalangan memberikan ASI secara langsung, persediaan ASIP ini sangat berguna. Memompa ASI menjadi mudah dengan alat pumping. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Alat pumping ini bisa menjadi investasi karena awet dipakai bertahun-tahun, bahkan bisa dipinjamkan.

Ayah bisa membantu menyiapkan pompa, mencuci, serta mensterilkan setelah dipakai. Kalau ada sterilizer akan lebih mudah. Namun bila tidak ada, bisa direbus saja.

Dari Hal diatas apa yang ayah sudah lakukan sampai saat ini?

Image result for ayah dukung asi

Para ayah mari dukung ASI Ekslusif agar bayi sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo,
Alvariza Freezer siap membantu anda