Manfaat ASI Perah

IMG-20160712-WA0041

ASI perah adalah alternatif disaat ibu tidak bisa menyusui bayinya secara langsung. Menurut Inna Banani dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, memerah ASI tak hanya dapat membuat kebutuhan ASI si kecil tercukupi, tapi ada manfaat lain dari memerah ASI, seperti berikut:

  1. Mengurangi bengkak pada payudara, sumbatan, atau stasis (penyumbatan atau perlambatan dalam aliran darah) ASI.
  2. Memberi makan bayi sakit yang tidak dapat mengisap ASI dengan cukup
  3. Menyediakan stok ASI untuk bayi ketika ibu bekerja
  4. Memberi makan bayi yang mengalami kesulitan dalam mengisap payudara
  5. Mempertahankan suplai ASI ketika bayi atau ibunya sakit, sehingga si bayi masih bisa minum ASIP yang berkualitas
  6. Membantu meningkatkan produksi ASI untuk relaktasi ( proses menyusui kembali yang dilakukan setelah beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa tahun setelah berhenti) atau induced lactation (menyusui tanpa melahirkan)
  7. Memberi makan bayi yang menolak menyusu
  8. Membantu bayi melekat pada payudara yang penuh atau bengkak.

Semakin banyak permintaan ASI kepada payudara, maka payudara akan memproduksi ASI semakin banyak juga. Apa yang dimaksud dengan permintaan? Dalam hal ini permintaan adalah jumlah ASI yang dikeluarkan, baik melalui cara bayi menyusu langsung dan juga diperah (atau dipompa).

ASI yang telah diperah kemudian dimasukkan kedalam botol atau plastik khusus ASI

jual-botol-kaca-asi-tutup-plastik

Alvariza Freezer menyediakan botol untuk menyimpan ASI perah dengan harga terjangkau. Hubungi  No Hp : 087738263485 ( Whattaps/SMS/Tlp) atau 5AF5CB41 untuk fast respons.

Dalam dua minggu pertama setelah melahirkan, payudara masih menyesuaikan diri antara produksi ASI dengan yang dibutuhkan bayi. Seringkali ketidaksesuaian antara produksi ASI dan kapasitas lambung bayi yang masih sangat kecil, seringkali menimbulkan nyeri bahkan payudara bengkak. Setelah lewat masa ini, produksi ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan (sebanyak yang disusui atau diperah).

Karena ukuran lambung bayi baru lahir masih sangat kecil (sebesar kelereng), maka kebutuhannya sekali menyusu sangat sedikit. Jika tidak dibarengi dengan aktivitas memerah asi secara rutin, maka di minggu ketiga setelah melahirkan, produksi ASI akan “berkurang” sesuai dengan yang disusui saja. Untuk itu, produksi ASI perlu dipertahankan/ditingkatkan dengan cara diperah.

Banyak ibu juga cenderung merasa jika payudara bengkak adalah pertanda bahwa produksi ASI melimpah. Padahal, jika payudara sampai bengkak maka akan mengeluarkan hormon inhibitor yang berfungsi menghambat produksi ASI. Maksudnya “baik”, untuk mencegah payudara agar tidak lebih bengkak dan menimbulkan penyakit lanjutan. Namun, hal tersebut menghalangi pabrik ASI untuk memproduksi lebih banyak ASI, karena pabrik ASI masih penuh.

Payudara tidak akan pernah benar-benar kosong. Kemampuan aktivitas “memerah dan memompa” dalam mengosongkan payudara tidak lebih efektif dibanding dari bayi mengeluarkan ASI dari  payudara dengan menyusu langsung. Malah, bayi yang paling lapar sekalipun hanya mampu mengosongkan payudara paling banyak 70% saja. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan ASI di payudara jika melakukan aktivitas memerah dan menyusui dalam waktu yang berdekatan, bahkan bersamaan.

Banyak keuntungan memerah ASI, untuk itu kami mendukung penuh pemberian ASI eksklusif. Kami menyewakan freezer area Yogyakarta (Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul), Klaten, Dlanggu, Magelang, Purworejo, Temanggung, Solo dan sekitarnya. Silahkan dapat Menghubungi No Hp : 087738263485 ( Whattaps/SMS/Tlp) atau 5AF5CB41 untuk fast respons. Ayah dan Bunda tidak perlu repot, kami siap mengantar freezer pesanan Ayah Bunda ke rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo,
Alvariza Freezer siap membantu anda