Bendungan ASI

Tahukah Bunda bahwa sejak hari ketiga sampai hari keenam setelah persalinan, ketika ASI secara normal dihasilkan, payudara menjadi sangat penuh. Hal ini bersifat normal dan dengan penghisapan yang efektif dan pengeluaran ASI oleh bayi, rasa penuh tersebut pulih dengan cepat. Namun dapat berkembang menjadi bendungan. Pada bendungan, payudara terisi sangat penuh dengan ASI dan cairan jaringan. Aliran vena limpatik tersumbat, aliran susu menjadi terhambat dan tekanan pada saluran ASI dengan alveoli meingkat. Payudara menjadi bengkak, merah dan mengkilap.

Penyebab Bendungan ASI

  • Pengosongan payudara yang tidak sempurna karena dalam masa laktasi, terjadi peningkatan produksi ASI pada Ibu yang produksi ASI-nya berlebihan. Apabila bayi sudah kenyang dan selesai menyusu, dan payudara tidak dikosongkan, maka masih terdapat sisa ASI di dalam payudara. Sisa ASI tersebut jika tidak dikeluarkan dapat menimbulkan bendungan ASI.
  • Faktor hisapan bayi yang tidak aktif apabila Ibu tidak menyusukan bayinya sesering mungkin atau jika bayi tidak aktif mengisap, maka akan menimbulkan bendungan ASI.
  • Faktor posisi menyusui bayi yang tidak benar dalam menyusui dapat mengakibatkan puting susu menjadi lecet dan menimbulkan rasa nyeri pada saat bayi menyusu. Akibatnya Ibu tidak mau menyusui bayinya dan terjadi bendungan ASI.
  • Puting susu terbenam akan menyulitkan bayi dalam menyusu. Karena bayi tidak dapat menghisap puting dan areola, bayi tidak mau menyusu dan akibatnya terjadi bendungan ASI
  • Puting susu terlalu panjang menimbulkan kesulitan pada saat bayi menyusu karena bayi tidak dapat menghisap areola dan merangsang sinus laktiferus untuk mengeluarkan ASI. Akibatnya ASI tertahan dan menimbulkan bendungan ASI.

imagesPosisi ibu menyusui sangat berpengaruh atas terjadinya bendungan ASI

Gejala Bendungan ASI

  1. Bengkak pada payudara
  2. Payudara terasa keras dan panas
  3. Payudara oedem/ bengkak
  4. Pasien merasakan sakit
  5. Puting susu kencang dan kulit payudara mengkilat walau tidak merah
  6. Payudara nyeri saat ditekan

Kami melayani sewa/rental freezer ASI di area Yogyakarta (Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul), Magelang, Temanggung, Purworejo, Klaten, Dlanggu, Kartosuro, Solo dan sekitarnya. Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda

 

Pencegahan Bendungan ASI

  1. Menyusui secara dini, susui bayi segera mungkin (sebelum 30 menit) setelah dilahirkan (IMD)
  2. Susui bayi tanpa dijadwal (on demand) sesering mungkin
  3. Keluarkan asi dengan tangan atau pompa bila produksi melebihi kebutuhan bayi
  4. Perawatan payudara pasca persalinan
  5. Posisi menyusui dengan baik dan benar
  6. Apabila payudara terasa terlalu tegang atau bayi tidak dapat menyusu, sebaiknya ASI dikeluarkan dahulu   agar ketegangan menurun dengan cara dipompa dan dapat disimpan kedalam lemari Es
  7. Gunakan Bra yang menopang payudara

Payudara dapat terinfeksi apabila bendungan ASI tidak ditangani secara cepat. Apabila bunda sudah terlanjur mengalami bendungan ASI maka segera konsultasikan kepada bidan atau tenaga kesehatan setempat agar dapat ditangani sesegera mungkin.

Apabila Ayah/Bunda menginginkan sewa/rental freezer ASI Dapat menghubungi nomor kami di Nomer Hp. 087738263485 untuk fast respon (Whattapps/SMS/Telephone) atau
PIN BBM : 5AF5CB41

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo,
Alvariza Freezer siap membantu anda